Ini Dia Solusi Bisnis Retail

Apa saja permasalahan dan solusi para pebisnis retail ? Silahkan dibaca artikel ini.

retail-is-detail

 

Bisnis retail itu marginnya (keuntungan) tipis sekali. Baru akan terasa untung apabila barang terjual dalam partai besar (banyak). Selain faktor persaingan yang ketat, kebanyakan para pebisnis retail kurang memperhatikan manajemen barangnya sendiri.

Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan para pebisnis retail :

Display. Atur posisi barang yang sesuai dengan pengelompokkannya. Misal; letakkan sabun berdampingan dengan peralatan kebersihan yang lain, jangan dipisah terlalu jauh. Secara tidak langsung, pengaturan display seperti ini akan memancing pelanggan yang awalnya ingin berbelanja sabun jadi berbelanja barang yang lain.

Kebersihan. Barang-barang yang berdebu akan menurunkan kredibilitas toko Anda. Cepat atau lambat, Anda akan kehilangan pelanggan yang merasa lebih nyaman berbelanja di toko sebelah.

Kepastian Harga. Letaknya informasi kode barang, nama barang dan harga barang tepat dibawah barang tersebut sehingga pelanggan tidak harus antri mendatangi penjaga toko hanya untuk menanyakan harga barang itu saja. Contohlah retail-retail modern yang lebih dulu menerapkan ini.

Promosi. Banyak variant promosi yang bisa menaikkan omset penjualan Anda. Lakukan promosi ini secara tepat waktu dan konsisten sehingga menjadi salah satu trend dan daya tarik toko Anda. Promosi dapat berbentuk bonus barang atau harga spesial untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Pencahayaan. Dengan pencahayaan yang cukup akan membuat produk/barang menjadi lebih menarik. Inilah salah satu pertimbangan mengapa retail modern memasang banyak lampu LED disetiap lorong-lorong display barangnya

Antri Bayar. Tidak ada pelanggan yang mau berdiri lama hanya untuk mengantri giliran pembayaran. Pelayanan dan pencatatan penjualan yang cepat menjaga Anda tidak kehilangan pelanggan.

Bukti Pembayaran. Kredibilitas toko Anda akan meningkat apabila pelanggan diberikan bukti pembayaran berupa struk/nota. Pelanggan merasa aman berbelanja di toko Anda karena harga display sama dengan harga yang tertera di struk pembayaran yang mereka terima.

Transaksi Yang Tersistem. Seluruh transaksi barang masuk dan barang keluar yang tercatat rapih  dan tersistem mempermudah Anda menganalisa bisnis yang dijalankan. Mana barang yang paling laku, mana barang yang telah mencapai stok minimum, total penjualan hari ini, margin keuntungan per barang dll bisa  tersaji dengan tepat dan cepat.

Dari faktor-faktor diatas, solusinya adalah sistem. Mengapa retail modern bisa lebih cepat maju dan lebih cepat memiliki cabang-cabang  dibanding retail yang dikelola oleh perorangan? Salah satu faktornya karena retail modern lebih dulu menerapkan sistem berupa software penjualan.

Apakah Anda tidak pernah merasa kepo, bagaimana retail modern bisa mengadakan program promo secara konsisten dengan metode yang menarik seperti contohnya; beli kopi gratis gula, beli 5 pcs lebih murah jika hanya membeli 1-2 pcs, diskon khusus untuk pelanggan yang membayar menggunakan kartu debit tertentu dll dll

Catatan kaki :

Tidak pakai sistem saja, usaha saya sudah untung kok pak

Ungkapan yang sering sekali saya dengar dari klien-klien saya. Coba deh rubah mindset ini menjadi

”Keuntungan yang selama ini diterima akan bertambah saat penggunaan sistem telah berjalan”

Mau ikut pelatihan/kurus pembukuan retail menggunakan software ? Daftar Disini


Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s