Data Zahir Accounting Rusak!

Data Corrupted

Mengapa data Zahir rusak ?

Indikasi terjadinya kerusakan data Zahir biasanya pada saat user membuka data akan muncul warning Error…., Termination Code….., Index …., dan lain-lain. Hal ini menandakan data Zahir telah mengalami kerusakan data (corrupted) sehingga data tersebut tidak bisa dibuka kembali dikarenakan salah satu komponen data/tabel tersebut rusak dan mengganggu beberapa laporan dan data yang lainnya.

Beberapa penyebab yang umumnya ditemukan diantaranya adalah :

  1. Koneksi jaringan LAN yang kurang baik, sehingga terjadinya putusnya koneksi antara komputer server dengan komputer user pada saat input transaksi sedang berjalan. Penyebabnya bermacam-macam; kabel jaringan putus, konektor yang terhubung ke komputer atau switch/hub tidak terpasang dengan baik/terlepas, switch/hub mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi mengirim/menerima data, port tempat pemasangan kabel LAN di komputer atau di switch/hub rusak, LAN card yang terpasang dikomputer sudah tidak berfungsi dengan benar/rusak.
  2. Komputer server tidak mampu lagi untuk menerima/mengirim data. Biasa terjadi jika penggunaan personal komputer yang dijadikan server (tidak menggunakan komputer khusus server)
  3. Hardisk tempat penyimpanan data sudah mengalami Bad Sector/rusak atau mesinnya sudah melemah
  4. Proses mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur pada saat program Zahir dalam keadaan terbuka/sedang dalam input transaksi
  5. Koneksi menggunakan Wireless yang tidak stabil  yang menyebabkan terputusnya jaringan
  6. Listrik mati secara mendadak yang menyebabkan komputer kita shut down dengan tidak benar
  7. Hardisk tempat penyimpanan data terinveksi virus

Bagaimana jika data Zahir benar-benar rusak ?

Program Zahir Accounting telah menyediakan fasilitas perbaikan data yang dapat dilakukan sendiri oleh user. Kerusakan data bisa dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

  1. Data Zahir bisa di perbaiki sendiri dengan melakukan proses perbaikan data yang tersedia di menu File > Alat Bantu
  2. Apabila data Zahir tidak bisa diperbaiki sendiri maka user dapat menghubungi Zahir support untuk dilakukan perbaikan data. Proses perbaikan biasanya tidak dapat dilakukan dikomputer user, harus dengan cara mengirim data ke Zahir. Hal ini dilakukan karena tool perbaikan hanya dimiliki oleh tim Zahir
  3. Namun apabila data Zahir sama sekali tidak dapat diperbaiki, baik itu oleh user sendiri maupun oleh tim Zahir maka dengan sangat menyesal bisa dikatakan data ini sudah rusak, sudah tidak bisa di pakai lagi, dan sudah siap untuk di buang ke tempat sampah (Recycle Bin). Anda diharuskan melakukan Restore dari data yang terakhir kali Anda backup. Tapi jika data backup tidak ada, Anda harus membuat data baru dan input ulang transaksi. Oleh karena itu, Zahir menyarankan untuk melakukan backup minimal 2x dalam sehari. Pertama saat sebelum makan siang dan kedua saat sebelum pulang kerja.

Bagaimana mengantisipasi terjadi kerusakan data ?

  1. Lakukan Backup setiap hari, lalu simpan di media terpisah dan di komputer terpisah. Jangan mempercayakan data kita diletakkan di satu hardisk dan di satu komputer saja. Karena tidak ada jaminan hardisk di komputer tersebut akan selalu bagus.
  2. Lakukan Verifikasi data dan laporan secara berkala untuk mendeteksi kerusakan sedini mungkin. Jangan melakukan Verifikasi saat data dan transaksi sudah banyak/lama terinput karena titik permasalahan akan sangat sulit ditemukan.
  3. Jika terdapat ketidaksesuaian, segera hubungi pihak Zahir untuk mendapatkan solusi. Apabila masalah sudah menumpuk/banyak, analisa dan perbaikannya akan membutuhkan waktu lama

Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s