Jurnal Khusus Pada Program Zahir Accounting

Sesuai dengan namanya, jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan khusus untuk mencatat kelompok transaksi-transaksi yang sejenis. Pengelompokkan transaksi-transaksi yang sejenis bergantung pada aktivitas perusahaan yang bersangkutan.

Meskipun telah disediakan jurnal-jurnal khusus, perusahaan tetap membutuhkan jurnal umum yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat dicatat didalam jurnal khusus dan juga untuk keperluan membuat jurnal penyesuaian.

Format dan cara pemakaian jurnal-jurnal khusus berbeda dengan jurnal umum. Perubahan tersebut dimaksudkan agar pengerjaan jurnal dan pembukuan dari jurnal ke buku besar dapat dilakukan secara lebih efisien.

Berikut adalah beberapa jurnal khusus yang biasa digunakan:

  • Jurnal Penjualan merupakan jurnal yang khusus digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit maupun tunai. Pencatatan transaksi penjualan kredit akan menimbulkan piutang dan laporan kartu piutang. Sehingga kita dapat mengetahui informasi siapa saja yang berhutang dengan kita serta kapan piutang tersebut jatuh tempo (harus dibayar)
  • Jurnal Pembelian merupakan jurnal yang khusus digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit maupun tunai. Pencatatan transaksi pembelian kredit akan menimbulkan hutang dan laporan kartu hutang. Sehingga kita dapat mengetahui informasi kepada siapa saja kita berhutang  serta kapan hutang tersebut jatuh tempo (harus dibayar)
  • Jurnal Pembayaran Piutang dan Hutang merupakan jurnal yang khusus digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi penerimaan pembayaran piutang dan pengeluaran pembayaran hutang. Jurnal ini akan secara otomatis mengupdate kartu piutang dan kartu hutang
  • Jurnal Penerimaan Kas merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi penerimaan kas. Untuk menghemat waktu pencatatan, maka jurnal ini dirancang dengan meanyediakan sejumlah kolom dan hanya total setiap rupiah yang dibukukan kedalam buku besar.
  • Jurnal Pengeluaran Kas merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi pengeluaran kas yang berhubungan dengan administrasi perusahaan. Misal; pengeluaran kas yang diakibatkan adanya biaya operasional kantor (biaya telphon, listrik, air, pemeliharaan, transportasi dll)
  • Jurnal Penyesuaian persediaan merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi-transaksi penyesuaian barang. Misal; mencatat transaksi penyesuaian barang hilang/rusak atau barang yang dikeluarkan untuk promosi. Jurnal khusus ini dibuat untuk pengeluaran barang yang muncul bukan karena akibat adanya penjualan dan penerimaan barang yang muncul bukan karena akibat adanya pembelian barang.
  • Jurnal Umum digunakan untuk mencatat penyesuaian pembukuan yang tidak dapat dicatat didalam jurnal khusus. Misal; mencatat transaksi amortisasi biaya sewa/asuransi dll

Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s