Zahir Accounting Untuk Sekolah

Kebanyakan pencatatan keuangan di sekolah akan mengalami kesibukan dan kesulitan yang dapat mengganggu pelaporan keuangannya pada waktu menghadapi tahun ajaran baru karena pada saat ini akan terjadi transaksi; uang pendaftaran, uang masuk, uang gedung, sumbangan sukarela, SPP siswa, serta memantau kartu piutang siwa baru dan siswa lama.

Anda dapat menggunakan Zahir Accounting Edisi Personal 5.1 atau Edisi Flexy Money 5.1 (Lihat perbandingan produk) untuk membantu agar dapat memecahkan masalah-masalah diatas.

Berikut contoh cara mencatat transaksi-transaksinya :

Saat penerimaan uang pendaftaran siswa. Input transaksi ini pada modul Penjualan.

  1. Klik modul Penjualan
  2. Tentukan nama siswa pada kolom Pelanggan
  3. Tentukan Nomor dan Tanggal Transaksi
  4. Tulis Keterangan Transaksi
  5. Klik opsi Invoice pada pojok atas kanan
  6. Ketik “Uang pendaftaran siswa” pada kolom Deskripsi
  7. Double klik kolom Kode Akun, pilih akun Pendapatan Uang Pendaftaran. Kemudian klik OK
  8. Ketik angka 1 pada kolom Jumlah
  9. Ketik nilai uang pendaftaran pada kolom Harga
  10. Klik opsi Rekam

Lakukan langkah yang sama pada saat terjadi transaksi Penerimaan Uang Masuk. Saat Anda telah mencapai langkah point 7, pilih akun Penerimaan Uang Masuk.

Untuk pencatatan pengakuan piutang SPP siswa, lakukan transaksi seperti diatas dengan memilih kode akun Pendapatan Uang SPP dan Anda harus melakukan transaksi ini di setiap awal bulan. Pada saat terjadi penerimaan pembayaran uang SPP, Anda input transaksi tersebut pada modul Penjualan > Pembayaran Piutang.

Program Zahir Accounting telah menyediakan format faktur dan nota yang dapat disesuaikan kebutuhan/penggunaannya. Anda dapat langsung mencetak tagihan uang pendaftaran, uang masuk, uang gedung, sumbangan sukarela, SPP siswa dll, pada saat Anda selesai melakukan input transaksinya.

Laporan yang dapat dihasilkan adalah :

  1. Neraca
  2. Laba/Rugi
  3. Kartu Piutang Siswa
  4. Buku Besar
  5. Laporan Pendapatan
  6. Laporan Pengeluaran
  7. Grafik dan Analisa Bisnis

6 thoughts on “Zahir Accounting Untuk Sekolah

  1. Dear Zahir,

    Salam,sedikit pertanyaan mengenai zahir untuk pendidikan dimana kendalanya adalah ketika Spp atau iuran yang sifatnya bulanan per siswanya, apa ada cara lain selain dengan cara memanggil data per siswa nya atau dengan memanggil rekam ulang per siswa,jika siswa yang lebih dari 500 orang,apa ada cara yang bisa dilakukan selain cara diatas.
    Mohon pencerahannya.

    terima kasih

    1. Trims atas pertanyaannya ya (:

      Pd paket standar zahir, fasilitas seperti ini memang tidak tersedia. Namun bagi pengguna zahir yg telah melakukan registrasi, bisa membuat permohonan penambahan plug-in (free/gratisss) untuk menjembatani masalah ini.
      Fasilitas (plug-in) ini sudah diterapkan dan running well di salah satu perguruan ternama di daerah Kuningan-Rasuna Said.
      Secara sederhana prakteknya adalah; data billing dr bank hrs di convert ke dlm bentuk csv standar dr zahir (csv standar sdh disertakan didlm file plug-in).
      Jika seluruh field sudah terisi dg benar, gunakan fasilitas plug-in utk secara otomatis data pembayaran masing-masing siswa akan dicatat sebagai Penjualan pd program zahir. Pengguna hanya perlu melakukan posting transaksi saja,krn begitu masuk ke program zahir, transaksi tsb baru bersifat sementara (unposting).
      Jadi pengguna tdk direpotkan lagi untuk mencatat pembayaran spp siswa secara manual.

      Demikian, smoga menjawab pertanyaan kin_dama

  2. Dear Zahir,

    Untuk aplikasi zahir, bagaimana caranya mengimput data siswa dan karyawan serta jumlah spp yang harus di bayarkan dan juga gaji karyawan yang harus dibayarkan…
    Apakah ada contoh tutorialnya

    Terima kasih

    1. Zahir Accounting Software sifatnya tidak mengkhususkan ke salah satu bidang usaha saja, namun dapat diaplikasikan diseluruh bidang usaha.
      Untuk kasus diatas, nama siswa dapat diterapkan sebagai customer. Saya biasa membuat nama siswa sebagai customer dengan memanfaatkan juga fasilitas Klasifikasi untuk membedakan kelas (Kelas 1A, 1B, 2A, 2B dst)
      Nama karyawan diinput sebagai employee
      Cara input data siswa dan karyawan; Klik modul Data-data > Data Nama & Alamat > Baru
      SPP biasa saya input dimodul Penjualan. Karena sifatnya berulang tiap bulan, maka bisa manfaatkan fasilitas rekam ulang saat input transaksi penjualan SPP.
      Penjualan SPP sifatnya kredit, sehingga akan memunculkan piutang siswa. Saat siswa melakukan pembayaran, lakukan pembayaran piutang dimodul penjualan.
      Untuk biaya operasional (haji, listrik, air, adm dll) diinput dimodul Kas & Bank > Kas Keluar

      Mhn maaf baru bisa balas dikarena password & user bermasalah

  3. Salam Zahir, di kantor saya sudah membeli Zahir versi 6.0, untuk pembayaran uang SPP siswa, contoh : jika ada siswa yang belom membayar bulan Agustus, perlu dijadikan piutang per tgl berapa? apakah 31 Agustus atau 1 September ?
    dan semisal laporan Agustus sudah jadi, kemudian tutup buku, mulai periode September, siswa membayar SPP bulan Agustus dan september, .Kenapa berpengaruh terhadap laporan Agustus setelah dilakukan pembayaran piutang? padaal kehendak kami laporan pembayaran harus 2 bulan itu harus masuk di laporan September, mohon bantuannya..

    1. Seluruh laporan tidak akan terpengaruh/terkoreksi apabila telah dilakukan tutup buku akhir bulan kecuali kita melakukan revisi transaksi bulan sebelumnya dengan cara membuka dahulu periode akuntansi yang telah ditutup tsb.
      Terkait dengan pertanyaan Anda, apa maksud dari pertanyaan: ”Kenapa berpengaruh terhadap laporan Agustus setelah dilakukan pembayaran piutang?”
      Apakah yang dimaksud adalah laporan neraca/kartu piutang/mutasi piutang atau laporan yang mana ? Mhn lebih spesifik.
      Untuk lebih jelasnya, silahkan kirim pertanyaan anda ke email saya dendyfreddys@gmail.com
      Trims

Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s