Faktor Kegagalan Implementasi Software

Seperti layaknya teknologi lainnya yang merubah cara manusia bekerja, maka Anda harus berusaha mengenal cara berpikir software yang sedang/akan digunakan dengan baik agar sejalan dengan keinginan dan tujuan Anda.

Banyak user mengaku berhasil mengimplementasikan softwarenya karena keinginan untuk terus belajar dan mengeksplorasi. Namun tidak sedikit juga user yang mengalami kegagalan dalam mengimplementasikan softwarenya.

Faktor penyebab kegagalan implementasi yang banyak ditemukan dilapangan adalah sebagai berikut :


banner-iklan-boa


  1. Budaya yang tidak berubah. Seperti menunda-nunda pekerjaan seperti saat menggunakan sistem pembukuan manual, seharusnya setiap hari seluruh transaksi telah diinput, sehingga setiap saat pimpinan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan dapat mengambil keputusan dengan cepat.
  2. Mental karyawan yang mudah menyerah. Begitu menemui beberapa masalah dan kegagalan, langsung menyerah dan menyatakan bahwa software ini tidak bisa dipakai.
  3. Cara berpikir yang keliru. Bahwa software ini sangat pintar sekali dan dapat menggantikan manusia secara total, layaknya dewa penolong, padahal software ini hanyalah alat bantu, tetap dibutuhkan nalar dan kecerdikan dari penggunanya untuk memanfaatkan semua fasilitasnya secara menyeluruh.
  4. Sistem dan aturan main diperusahaan yang tidak mendukung. Dengan adanya Zahir Accounting; akan banyak staf keuangan yang merasa terancam dan merasa mudah digantikan, ini salah besar. Dengan adanya Zahir Accounting, justru keahlian dan ilmu yang selama ini terpendam dapat diaplikasikan, seperti analisa keuangan yang sesuai industrinya, analisa akuntansi biaya seperti abc costing, akuntansi manajemen, dll. dimana semua itu belum dapat digantikan oleh software. Untuk itulah diperlukan pemberdayaan karyawan yang lebih baik, jangan menggunakan karyawan yang ahli akuntansi manajemen untuk menginput transaksi, tapi cukup gunakan staf yunior saja, agar mereka yang senior merasa lebih berharga dengan pekerjaan-pekerjaan analisa dan tentunya berbagai perubahaan lainnya, seperti sistem pemberian bonus baru agar mereka termotivasi untuk mau berubah dari sistem lama yang tidak efisien ke sistem yang baru.
  5. Menuntut kesempurnaan saat ini juga. Meskipun kami telah berusaha sebaik dan seteliti mungkin, tapi akhirnya produk ini adalah buatan manusia yang tidak luput dari kesalahan, pasti ada saja kesalahan seiring dengan bertambahnya fasilitas baru, perkembangan teknologi, kompatibilitas dengan sistem operasi dan hardware komputer. Untuk itu komunikasi yang baik antara Anda dengan kami menjadi syarat mutlak, jangan menunda-nunda untuk melaporkan masalah dan kesalahan agar tidak bertumpuk-tumpuk dan akhirnya menjadi kumpulan kekecewaan (menjadi snow ball). Untuk menuju sempurna kami memerlukan masukan dan kritikan terus menerus dari Anda, tanpa dukungan Anda kami tidak mungkin berhasil memberikan solusi terbaik.
  6. Ingin 100% pas sesuai keinginan. Ingin serba otamatis dan semua keinginan pengguna dapat diakomodir. Selama ini kami terus berusaha mengembangkan fasilitas yang ada berdasarkan masukan dari pengguna kami, sehingga mungkin ada kekurangan fasilitas yang dirasakan oleh pengguna baru. Gunakan prinsip ini, bila software ini sudah dapat memenuhi 80% saja dari semua kebutuhan, itu sudah sangat layak untuk dipakai daripada kembali ke sistem manual atau mengharapkan software yang 100% pas, yang umumnya berharga ratusan juta atau milyar, tapi sulit digunakan dan lama diimplementasikan, yang akhirnya malah menjadi investasi yang gagal.
  7. Tidak mau menyesuaikan diri dengan sistem baru. Justru mengharapkan agar software yang menyesuaikan diri. Mereka terbiasa menggunakan spread sheet, dimana data dapat disusun dan diolah sebebas mungkin.

Baca juga : Solusi Bisnis Retail


Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s