Zahir Accounting Untuk Usaha Koperasi

Telah banyak koperasi karyawan maupun koperasi simpan pinjam yang memilih Zahir Accounting sebagai alat bantu pengelolaan data keuangan. Laporan dan analisa penjualan barang per anggota, piutang anggota, simpanan/pinjaman anggota dll dapat dihasilkan oleh program Zahir Accounting.

Pada setiap kali Anda membuat data pelanggan, tentukan jenis/type pelanggan Anda dengan cara memanfaatkan kolom Klasifikasi pada pengisian data pelanggan. Buat Klasifikasi; pelanggan umum dan atau pelanggan anggota. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan laporan penjualan umum dan penjualan anggota sebagai acuan dalam penentuan besarnya pembagian hasil koperasi.

Hasil perhitungan bagi hasil yang telah Anda dapat menggunakan program Ms. Excel, dapat Anda masukkan kedalam program Zahir Accounting melalui modul Jurnal Umum.

Untuk jenis usaha koperasi karyawan atau ritel, Anda dapat menggunakan Zahir Accounting edisi Flexy Trade 5.1

Untuk jenis usaha koperasi simpan pinjam, Anda dapat menggunakan Zahir Accounting edisi Flexy Money 5.1.

Zahir Accounting tidak menyediakan fasilitas  perhitungan bunga pinjaman anggota. Anda disarankan melakukan perhitungan bunga pinjaman menggunakan Ms. Excel dll untuk kemudian hasilnya diinput ke dalam program Zahir Accounting melalui Jurnal Umum

Beberapa koperasi yang pernah kami tangani diantaranya;  Kopegtel Sinergi (Serpong), Koperasi Pertamina (Pusat), Kopkar Telkom (Bogor), Kopkar PT. Timah (Babel), Koprasi SD Santa Laurensia, KSU Merah Putih  dls

Baca juga : Solusi Bisnis Retail


5 thoughts on “Zahir Accounting Untuk Usaha Koperasi

  1. Salam kenal untuk anda pak dendy.

    Kenalkan saya teno dari pekanbaru. Saya sudah 1 tahun ini menggunakan zahir. Kami sangat suka explorasi zahir. Mohon petunjuknya. Yang mau saya tanyakan adalah mengenai seputar file excel untuk perhitungan tersebut.
    1. Bagaimana proses kerjanya? Apakah kami perlu export laporan dari zahir ke excel? format csv ya pak? Kemudian proses apa yang perlu kami lakukan lagi?
    2. Bolehkah kami minta file perhitungan dalam excel yang bapak maksud?

    Sekian
    Terima Kasih
    Terima kasih

    1. Pak boleh minta nomor telponnya gak?
      Kalau tidak keberatan apakah kami juga boleh minta file gdb nya zahir gak pak? seputar contoh kasus koperasi di atas? Untuk Kopkar dan Simpan Pinjam?

    2. Salam kenal juga pak Teno di Pekanbaru. Terima kasih atas pertanyaannya.
      Untuk perhitungan yang saya maksud dalam tulisan (perhitungan bagi hasil dan perhitungan bunga pinjaman), terus terang saya tidak punya formatnya pak. Setahu saya pembagian hasil di koperasi itu berdasarkan point/nilai (sebanyak apa transaksi yang telah dilakukan oleh masing-masing anggotanya).
      Sedangkan perhitungan bunga pinjaman, tergantung dari ketetapan koperasi tersebut. Berapa persen mrk akan membebankan bunga pinjaman kepada anggotanya.
      Dari hasil hitung-hitungan di excel itulah yang menjadi acuan user untuk input transaksi kedalam program Zahir Accounting

  2. Ass….pak salam kenal, saya lagi belajar mengelola keuangan kaum buruh dipabrik baru berjalan 2 bln, tujuannya untuk mensejahterakan kaum buruh. Namanya Hamparan Terpal Biru sudah punya anggota ±43 orang rencana akan membentuk Koperasi, saya belum paham masalah Accounting (perkoperasian) saya mohon bantuannya. Trimakasih

    1. Untuk awal, bapak bisa memulainya dengan mencatat seluruh pemasukkan dan pengeluaran di buku atau di Ms. Excel.
      Bedakan antara buku Simpanan Anggota dan Pinjaman Anggota supaya tidak tercampur dan mempermudah dalam menganalisa.
      Untuk pencatatan berdasarkan akuntansi, bapak juga bisa mulai dengan cara yang paling mudah karena memang akuntansi itu mudah.
      Misal:
      Ada uang masuk dari Iuran Anggota. Bapak bisa mencatat jurnalnya sbb:
      Kas/Bank catat disisi debit
      Iuran Anggota dicatat disisi Kredit

      Jurnal Pengeluaran biaya :
      Biaya catat disisi debit
      Kas/Bank catat disisi kredit

      Rumus sederhana :
      Kas/Bank bertambah, maka dicatat disisi debit. Sisi kredit adalah lawan transaksinya.

      Demikian, semoga membantu

Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s