Pertanyaan Umum Seputar Saldo Awal

Sebelum Anda memulai input transaksi pada program, ada baiknya Anda menyiapkan data-data saldo awal berikut dengan lengkap dan benar :

  1. Saldo awal akun (neraca awal)
  2. Saldo awal piutang usaha
  3. Saldo awal hutang usaha
  4. Saldo awal persediaan

Khusus saldo awal akun, masih dapat Anda edit (apabila terjadi ketidaksesuaian/kesalahan) sampai Anda belum melakukan tutup buku akhir tahun.


banner-iklan-boa


Apabila ditengah periode akuntansi terjadi perubahan saldo awal akun, maka Anda harus merubah periode akuntansi ke periode awal. Selanjutnya, Anda harus melakukan proses tutup buku bulanan sampai ke posisi periode akuntansi terakhir yang Anda input.

Pada saat melakukan tutup buku bulanan, bagi pengguna yang memiliki fasilitas fixed asset (aktiva tetap), apabila penyusutan aktiva telah dilakukan perhitungan dan telah membentuk jurnal, opsi hitung dan buat jurnal penyusutan otomatis harus dimatikan (non aktif) agar tidak terjadi double jurnal penyusutan. Namun apabila hal ini sudah terjadi, Anda dapat menghapus jurnal penyusutan tersebut pada daftar transaksi jurnal umum.

Untuk perubahan/pengeditan saldo awal piutang usaha, hutang usaha dan persediaan, tidak dapat dilakukan apabila telah terjadi transaksi pada masing-masingnya. Perubahan/pengeditan dapat dilakukan setelah transaksi yang melibatkan piutang usaha/hutang usaha/persediaan telah diunpost/dihapus.

Catatan : program Zahir Accounting memiliki fasilitas hapus/edit transaksi yang dapat disesuai dengan hak akses/kewenangan user


Tinggalkan pesan yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s